Ada Apa Saja Fitur Terbaru Di Android O?

0

Halo, Sobat Kodi :D, Android O kembali memperkenalkan fitur terbarunya. Ada beberapa fitur yang di tambahkan, apakah saja itu ?, Yuk simak penjelasan berikut ini:

Background Limit

Android O dibangun dengan mengutamakan prioritas pada penghematan daya dan meningkatkan masa pakai baterai.  Batasan pada implicit broadcast (mengirimkan sinyal untuk aplikasi atau aktivitas lainya), layanan latar belakang (background services) aplikasi yang terus dapat berjalan tanpa ada di layar, dan yang ketiga adalah pembaharuan lokasi (location updates) dimana kamu dapat menggunakan layanan lokasi secara otomatis di Android.

Hal ini merupakan hal baru, dan para pengembang dapat mempelajari dokumentasi dan mencoba background execution secara langsung, sebelum Android O tersedia di perangkat konsumen.

Saluran Notifikasi (Notification Channel)

Notification Channel – Android Central

Google memperkenalkan fitur baru, Saluran Notifikasi pada Android O yakni mengelompokkan pemberitahuan menurut jenisnya. Pada dasarnya, pemberitahuan masih dikelola oleh aplikasi yang memberikannya, kedepannya, para pengguna dapat mengontrol hal-hal yang ditampilkan pada setiap salurannya.  Saluran Notifikasi adalah cara baru untuk mengontrol notifikasi yang dibawa oleh aplikasi Android.

Konektivitas

Android O telah membawa beberapa perubahan pada bagian konektivitas. Perubahannya meliputi:

  • Audio Bluetooth berkualitas tinggi melalui codec LDAC Sony. Lagu favorit kamu akan terdengar lebih baik lagi melalui koneksi Bluetooth.
  • Konektivitas NAN (Neighborhood Aware Networking) menggunakan spesifikasi Wi-Fi Aware. Perangkat dengan perangkat keras yang didukung dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan Wi-Fi tanpa titik akses sentral
  • API baru mendukung aplikasi yang tidak perlu menggunakan aplikasi telepon sistem universal untuk menampilkan informasi panggilan dan data ini dapat ditampilkan dan dikontrol melalui Bluetooth. 

Keyboard navigation

Android O Keyboard Navigation – Pexels

Android O berfokus pada pengembangan model navigasi panah dan tab. Hal ini adalah salah satu hal yang baik dan mudah bagi pengembang dan pengguna.

Peningkatan WebView

Android O memungkinkan mode multiprosesor untuk komponen WebView dari Nougat sebagai default dan menambahkan API, sehingga pengembang dapat menangani error dan crash pada aplikasi sendiri. Para pengguna akan mendapatkan keuntungan jika pengembang mengaktifkan Penjelajahan Aman Google untuk URL jarak jauh.

Java 8 API dan Optimasi Runtime

Android O mendukung API Bahasa Java baru, termasuk API Java. Waktu yang diperkenalkan adalah dengan menggunakan Java versi terbaru 8. Optimalisasi untuk runtimes baru juga disertakan untuk kinerja dan kestabilan yang lebih baik pada aplikasi yang dirancang untuk Android O.

Android O dirancang bagi pengembang aplikasi untuk memulai dan tidak fokus pada konsumen. Fitur yang diperkenalkan selama periode pratinjau dapat berubah, menjadi lebih baik, buruk , atau bahkan dihapus.

Nah, itu dia penjelasan mengenai fitur terbaru Android O, Apakah kamu punya info fitur terbaru lainnya?,  Atau kamu punya pertanyaan soal fitur terbaru Android O? Kamu dapat share di kolom komentar ya J. Salam Belajar Koding!

Oh iya, untuk kamu yang ingin menjadi developer Android, Kodi menyediakan tutorial mendalam untuk kamu pelajari, “Seminggu Menguasai Android Studio”. Untuk kamu yang punya budget terbatas? Tenang saja, saya menawarkan dengan harga yang TERJANGKAU! Tutorial ini dikhususkan kamu yang masih pemula dan ingin memahami pembuatan aplikasi android.

Penasaran seperti apa sih bentuk modul tutorialnya? 

Pesan Lewat Tokopedia

Link Order: https://www.tokopedia.com/belajarkoding/dvd-modul-video-tutorial-android-studio-indonesia-untuk-pemula

Order via KelasKita.com : https://kelaskita.com/galihpratama221/kelas/7-hari-mahir-pemrograman-android-studio/

Order via Leanskill : https://www.leanskill.com/course/seminggu-menguasai-android-studio-untuk-pemula/

Ditulis Oleh Galih Pratama dan Desi Ratnasari