Apa Perbedaan User Experience (UX) dan User Interface (UI)?

11

Apa sih sebenarnya UX dan UI itu? Apakah kedua hal tersebut sama atau berbeda? Apa perbedaan antara dua hal tersebut? Kali ini kodi akan coba jelaskan secara singkat untuk kamu. Tolong koreksi kodi ya kalau ada penejelasan yang kurang cocok 😉

User Experience

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design yaitu adalah:

Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

ux-ui-1

Bahasa gampangnya, UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Dasar dari User Experience Design ini bisa kamu pelajari di situs uxapprentice.com (berbahasa inggris) atau di uniteux.com (situs blog berbahasa indonesia)

User Interface

User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah :

Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

ux-ui-2

Bahasa gampangnya yaitu UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Kamu bisa mendapatkan inspirasi desain dari  behance.com, dribbble.com atau webdesignserved.com.

Perbedaan UX dan UI

Banyak orang yang salah kaprah bahwa UI sama UX itu adalah suatu hal yang sama. Pada faktanya UX dan UI itu berbeda, namun satu sama lain saling berhubungan.

Pada dasarnya, User Experience adalah tentang “memahami penggunamu”. Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”.

UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa dan apakah itu memecahkan masalah bagi pengguna.

Sedangkan User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding.

Untuk referensi, saya merekomendasikan buku Don’t Make Me Think untuk kamu baca.

  • GN

    Mas, Kalau mo coba software adobe muse yang buat website design gitu perlu MacBook? Mas klo bikin website ini pake software design apa koq keren, banyak kodingnya juga pasti ya.

    • http://galihpratama.net/ Galih Pratama

      Setahu saya adobe muse bisa kok di windows juga. Kalau desain website ini sendiri saya pake wordpress mas untuk CMS nya, untuk template saya custom dari template

  • Muhammad Hendry S

    mantap keren mas bro

  • Rizki Puji Lestari

    makasih gan, jadi ngerti deh

  • eka andri

    Mantap Bro Galih..
    Bermanfaat..

    Buat Tugas
    hheee

  • hilfina amaris

    jadi paham, terima kasih

  • Lik Edi Banyumas

    great ..! lanjutkan ..!

  • tenti nangcik

    Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog

  • Adie Pradana

    Makasih mas mau rubah jalur euy ke digital..

  • Janzen Faidiban

    Interesting, thanks for the inputs…

  • seven corporation

    min izin repost yaa