Kemana Sih Trend Web Development & Desain Sekarang di 2017?

3

Halo sahabat kodingers ūüėČ ¬†Kali ini Kodi bakal sharing tentang kemana¬†sih trend¬†Web Development & Desain sekarang-sekarang ini. Mengingat kita sekarang sudah masuk ke tahun baru alias 2017, tentunya bakal ada perubahan paradigma dan trend juga dong di dunia Web Development dan Web Design! ūüėÄ Apa saja sih itu? Yuk kita bahas!

Web Design

Layout website simple dan kaya akan konten

Akhir-akhir ini, desain website terlihat semakin simple dan semakin minimalis. Namun dengan desain minimalis tersebut, sang desainer harus dapat memikirkan konten apa saja yang harus ditampilkan, agar value atau nilai yang ingin disampaikan terdeliver atau terkirim.

Desainer pun menyadari, bahwa pengunjung website yang datang ke website merupakan orang yang mencari informasi, oleh karena itu konten harus dapat tersampaikan dengan baik. Beberapa desainer sekarang¬†mengurangi beberapa efek-efek animasi atau transisi yang sekiranya kurang penting di dalam suatu website, yang dulu sangat sering dipakai untuk membuat website terasa “manis”

Kolaborasi antara developer dan desainer

Kali ini, para desainer website mulai terlibat langsung ke dalam proses bisnis yang ada di dalam suatu perusahaan, oleh karena itu butuh kolaborasi yang baik antara sang Developer dengan sang Desainer, agar tercapainya hasil yang baik.

Dengan banyaknya perkembangan tools-tools yang dapat digunakan untuk berkolaborasi, sepeti Slack, InVision, Zeplin dan tools-tools lainnya yang tidak bisa kodi sebutkan disini, maka pekerjaan dan kolaborasi antar developer dan desainer akan lebih mudah

Tambahan animasi yang meaningful

Dengan munculnya Material Design Guidelines, semakin banyak desainer sadar akan animasi yang menambah User Experience dari website itu sendiri. Animasi yang saya maksudkan disini bukanlah animasi hanya untuk sekedar membuat sebuah website menjadi kece dan keren. Namun, animasi disini yaitu merupakan bagian dari experience website itu sendiri.

Setiap animasi yang ada harus mempunyai makna, dan membuat user menjadi semakin dimudahkan dengan adanya animasi tersebut. Kan gak lucu juga kalau ada animasi teks tiba-tiba goyang ngebor gitu.

Perkembangan Flexbox

Dengan seiring perkembangan CSS3, flexbox mulai banyak diterapkan di banyak-banyak website. Dengan adanya flexbox ini, kode CSS yang kita buat akan bisa lebih rapih dan desain yang dihasilkan akan bisa lebih variatif, dibandingan sebelumnya menggunakan teknik position, float, clear dan yang lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan penambahan fitur flexbox pada salah satu Framework CSS paling tenar di dunia, yaitu Bootstrap pada versti terbarunya 4. Dengan penambahan fitur flexbox tersebut, maka developer dan desainer akan semakin dimudahkan dengan pembuatan website, tentunya dengan beberapa perubahan yang harus diperhatikan ketika migrasi dari Bootstrap 3 ke Bootstrap 4

Web Development

Virtual Reality

Virtual Reality menjadi salah satu hal yang sedang happening di dunia Web Development. Dapat dibuktikan dengan salah satu media sosial terbesar, Facebook, mulai mengimplementasikan Virtual Reality tersebut kedalam aplikasinya.

Sebenarnya hal tersebut cukup sederhana dan sebelumnya sudah pernah diimplementasikan di halaman lain. Namun approach yang dilakukan oleh Facebook cukup unik, mereka menyediakan fasilitas untuk menunggah foto 360 derajat yang nantinya akan diproses otomatis oleh Facebook, dan user bisa melihat foto tersebut dengan menggeser-geser mouse atau apabila diakses dengan mobile yang dilengkapi sensor gyroscope, maka foto tersebut bisa berubah sesuai posisi kita!

Artifical Intelegence (Kepintaran Buatan)

Salah satu contoh implementasi yang merupakan sebuah Karya Anak Bangsa‚ĄĘ (bukan, bukan yang itu :p ) yaitu¬†Kata.ai yang merupakan hasil pivot dari¬†YesBoss. Salah satu media sosial terbesar (yak, lagi lagi) Facebook, mulai mengimplementasikan Kecerdasan Buatan nya di dalam aplikasi¬†Messenger yang dapat digunakan untuk para pebisnis yang ingin mengotomatisasikan customer service nya.

Satu lagi,¬†Mark Zuckerberg¬†pun mulai membuat¬†Personal Assistant nya sendiri,¬†Jarvis, menggunakan PHP (yang biasa kamu pakai bikin buat sistem informasi itu loh) ūüėČ

  • Rizki Ardiansyah

    artikel nya simple, tapi informasinya padat. sukses terus om Galih Pratama

    • http://galihpratama.net/ Galih Pratama

      Thanks om ūüėÄ

  • Tri Siam Subekti

    mas galih mau menanyakan tentang tutorial membuat aplikasi android. jika boleh apakah bisa berdiskusi dalam email pribadi kah ?